);

Cara Mudah Menghitung Biaya Pemasangan Atap Baja Ringan

Apa saja sih faktor utama yang anda butuhkah dari sebuah atap rumah selain sebagai pelindung dari panas dan hujan? Pastinya anda juga mendambakan memiliki atap rumah yang memiliki nilai estetika dan keindahan juga kan? Namun selain kedua faktor tersebut, dalam memilih atap rumah anda harus mengutamakan tentang seberapa kuat dan tahan lama atap rumah yang anda pilih. Nah, saat ini atap rumah dengan jenis baja ringan sedang populer digunakan untuk membangun rumah dengan model yang minimalis lho. Atap baja ringan selain memiliki desain yang modern juga sangat kuat dan mampu menahan beban berat.

www.renovatap.com

Jenis atap yang sedang hits di kalangan masyarakat umum dan penggiat konstruksi ini memiliki daya tahan yang sangat bisa diandalkan untuk bisa menopang beban berat bangunan. Selain kuat dan kokoh, atap baja ringan juga memiliki beberapa kelebihan yaitu tahan terhadap cuaca ekstrim, perawatannya mudah, dapat didaur ulang sehingga ramah lingkungan, tidak bisa keropos karena dimakan serangga, dan tidak mudah terbakar. lalu berapa sih biaya pemasangan atap baja ringan? Mahal atau tidak ya?

Nah sebelum mengetahui terlebih dahulu tentang pemasangan atap baja ringan & biaya pemasangan atap baja ringan, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengetahui terlebih dahulu LAR (luas atap rumah). LAR bisa anda hitung dengan menggunakan rumus berikut ini :

LAR (Luas Atap Rumah) = panjang x lebar : cosinus derajat kemiringan atap

Misalnya :

LAR (Luas Atap Rumah) = 7 meter x 11 meter : cos 30°

= 77 m2 : 0.866

= 88,92 m2

Kemudian setelah mengetahui berapa luas atap rumah (LAR), hal yang perlu anda lakukan adalah mengetahui berapa harga atap baja ringan yang ingin anda beli. Atap baja ringan memiliki berbagai macam variasi harga, mulai dari harga yang termurah hingga harga yang paling mahal. Anda bisa bertanya terlebih dahulu atau meminta daftar harga jual atap baja ringan di sebuah toko bangunan. Setelah mengetahui harga baja ringan tersebut, anda bisa menghitung berapa biaya pemasangan atap baja ringan dengan menggunakan cara berikut ini :

Biaya pemasangan = (LAR x harga baja ringan per m2) + (LAR x harga penutup atap per m2)

Misalnya :

Biaya pemasangan = (88,92 m2 x Rp 140.000) + (88,92 m2 x Rp 100.000)

= Rp 12.448.800 + Rp 8.892.000

= Rp 22.230.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *