);

Contoh Kata Konjungsi Temporal Sederajat

Apabila saat ini anda membutuhkan informasi tentang contoh konjungsi temporal sederajat maka silahkan kunjungi situs rumus.co.id atau anda bisa simak penjelasan ini sampai selesai. Penjelasan ini bermanfaat bagi anda dalam bidang tulis menulis yang benar. Kita ketahui bersama bahwa konjungsi temporal merupakan kata hubung yang sangat dibutuhkan dalam penyusunan sebuah kalimat yang sesuai dengan EYD.

rumus.co.id

Kata hubung ini memiliki fungsi sebagai penghubung dua klausa atau lebih yang mengacu pada waktu dan kohesi teks. Kalau pada teks kohesi ini membutuhkan perhatian khusus agar tetap mengedepankan keserasian sehingga terbentuk sebuah kata yang nyaman dan indah serta mudah dipahami. Sehingga konjungsi ini merupakan kata hubung yang berfungsi sebagai penghubung kata-kata dan ungkapan, namun tidak untuk tujuan lain.

Kita ketahui bahwa kata hubung ini memiliki dua jenis yaitu konjungsi temporal sederajat dan bertingkat. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan contoh konjungsi temporal sederajat. Kata hubung sederajat ini merupakan kata hubung yang memiliki sifat yang sama dan biasanya kata ini digunakan pada kalimat majemuk sederajat.

Sesuai aturan yang berlaku kata hubung sederajat ini tidak boleh digunakan sebagai awal kalimat atau pada akhir kalimat, sehingga kata hubung ini hanya bisa digunakan pada tengah kalimat. Contoh kata hubung sederajat ini yaitu : sesudahnya, lalu, sebelumnya, kemudian, dan setelahnya. Kalau contoh dalam sebuah kalimat yaitu :

  1. Lalu
  • Rani memasak nasi, lalu memasak kare ayam.
  • Danang membeli 5 buku tulis, lalu menjualnya kepada teman-teman di sekolahnya.
  1. Selanjutnya
  • Kakek ditempatkan pada ruang IGD, selanjutnya sudah dipindah ke ruang kamar pasien
  • Hanif mengerjakan mata kuliah biomekanik, selanjutnya dia mengerjakan tugas mata kuliah sepak bola dasar.
  1. Sesudahnya
  • Anto makan mie ayam, sesudahnya dia mambah makan bakso
  • Kami bermain basket, sesudahnya kami beristirahat di bawah pohon
  1. Kemudian
  • Saya sedang mencuci sepatu, kemudian menjemurnya di belakang rumah
  • Nida sedang membaca buku, kemudian dia berangkat ke sekolah

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai contoh kalimat dari kata hubung sederajat. Semoga penjelasan singat ini mampu memberikan anda wawasan dan pengetahuan yang lebih luas tentang tulis menulis yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *