);

Strategi Dan Cara Menabung Saham Paling Aman

Tidak dapat dipungkiri bahwa hingga saat ini masih banyak masyarakat yang takut memulai investasi. Padahal, investasi sangat menguntungkan di kemudian hari. Banyak yang mengira bahwa investasi harus dilakukan dengan menanam saham yang besar. Padahal, anggapan ini tidaklah benar. Selain itu, banyak juga orang yang takut ditipu dan mengalami kerugian. Jika Anda juga merasakan hal demikian, sebaiknya Anda memahami beberapa cara menabung saham secara benar dan aman.

income.id

Cara Menabung Saham Paling Aman, Para Pemula Wajib Baca

Berikut ini adalah beberapa cara dan strategi untuk melakukan investasi saham:

  1. Buka rekening

Sama halnya dengan menabung di bank konvensional, Anda juga wajib membuka rekening terlebih dahulu sebelum mulai menanam saham. Namun, Anda hanya bisa membuka rekening saham melalui perusahaan sekuritas yang terpercaya. Proses pembuatan rekening saham sangat mudah dilakukan. Bahkan, Anda juga bisa melakukannya secara online. Nah, dokumen penting yang perlu disiapkan di antaranya adalah KTP, kartu NPWP, fotokopi KK, fotokopi buku tabungan, dan materai 6000.

  1. Top up dana ke nomor rekening saham

Jika rekening saham sudah selesai dibuat, Anda harus segera melakukan top up sejumlah dana ke rekening saham tersebut. Jika belum melakukan top up dana, maka Anda tidak akan memiliki akses untuk melakukan proses pembelian saham. Dana yang sudah di top up selanjutnya digunakan untuk menanam saham.

  1. Unduh aplikasi jual beli saham

Anda bisa mengunduh aplikasi jual beli saham di Play Store menggunakan smartphone. Sebaiknya, Anda memilih aplikasi yang terpercaya, memiliki prestasi dan reputasi yang baik. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, Anda akan diarahkan untuk mengisi data diri dan mendapatkan nomor ID.

  1. Tanam saham

Jika Anda sudah terdaftar dan memiliki nomor ID, maka Anda bebas melakukan transaksi jual beli saham. Pilih beberapa tawaran pembelian saham dalam aplikasi tersebut. Jika ada tawaran yang cocok menurut Anda, maka segera lakukan pembelian dengan cara klik ‘buy’ atau ‘beli’. Selanjutnya, Anda akan dimintai keterangan mengenai jumlah saham yang ingin dibeli.

Selesai. Anda berhasil melakukan pembelian sejumlah saham. Idealnya, banyak orang menanam saham sejumlah 10% dari total pendapatan yang diperoleh setiap bulan. Namun, tidak ada aturan khusus mengenai jumlah atau nominal saham yang harus ditanam. Jadi, Anda bebas menentukan jumlah saham yang sesuai dengan kemampuan dan budget yang dimiliki. Mari lakukan investasi sejak dini, sehingga bisa menyongsong masa depan yang cemerlang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *